Saturday, February 7, 2015

Cara Mengembalikan Kapasitas Daya Baterai Laptop yang Drop

1. Pastikan Suhu Baterai Normal


Untuk mengembalikan kapasitas daya baterai laptop, terlebih dahulu kita harus memastikan suhu baterai laptop dalam keadaan normal atau sama dengan suhu kamar, terutama setelah penggunaan.

2. Bungkus Baterai Laptop

Siapkan kantong plastik berukuran besar yang kira-kira cukup untuk memuat baterai laptop. Kemudian masukkan laptop kita kedalam kantong tersebut dan tutup rapat.

3. Simpan Baterai di Dalam Freezer

Setelah kita membungkus baterai laptop dengan plastik, kemudian simpanlah baterai laptop kita ke dalam freezer. Atur suhu freezer antara medium hingga maksimum. Dan diamkan baterai di dalam freezer kurang lebih dua hari. Semakin besar kapasitas daya baterai maka akan membutuhkan waktu yang semakin lama.

4. Keluarkan Baterai Laptop dan Keringkan

Setelah proses pembekuan selesai, kemudian keluarkan baterai laptop dari freezer dan keringkan. Siapkan juga tisu dan kain lembut yang mudah menyerap air untuk mengeringkan baterai laptop. Bungkus baterai laptop dengan tisu untuk menyerap uap air yang tercipta.

5. Normalkan Suhu Baterai

Untuk proses pengembalian suhu baterai ke suhu kamar membutuhkan cukup waktu. Anda harus siaga untuk mengeringkan setiap uap air yang tercipta selama proses. Selalu ganti tisu yang digunakan jika sudah basah.

6. Pasang Kembali Baterai ke Laptop

Pastikan suhu baterai telah normal dan keadaannya benar-benar sudah kering. Hal ini harus diperhatikan agar tidak terjadi short (aus pendek) pada proses selanjutnya.

7. Charger Laptop dalam Keadaan OFF

Apabila semua proses diatas telah dilakukan dan telah dipastikan kondisi baterai dalam keadaan kering serta suhu sudah normal. Maka langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah mencharger baterai dalam kondisi OFF. Jika sudah penuh maka lakukan recharger (charger ulang) sebanyak tiga kali. Hal ini untuk memastikan agar cell-cell pada baterai laptop terisi seluruhnya. Bila telah dilakukan maka proses selesai.

No comments:

Post a Comment