Saturday, February 7, 2015

Arti Dari Seorang Profesi Web Developer

Berikut beberapa langkah awal untuk menjadi seorang web developer / cara menjadi seorang web developer :

  1. Mempunyai sarana & prasarana untuk mengembangkan dan belajar menjadi seorang web designer / developer tentunya , seperti Laptop atau setidaknya komputer. ( dan hal ini wajib tentunya , karena kalau meminjam pasti tidak akan efektif ), dan kalau bisa koneksi internet yang memadai.

  2. Mempunyai motivasi atau niat ingin menjadi dan menerjuni bidang ini ( web developer dan designer ) , serta kalau mampu tentukan dahulu apa yang akan difokuskan dalam pengembangan web ( web berbasis PHP, JSP , dot net / asp. dll ).

  3. Belajar tentang bahasa pemrograman web dan design web, untuk memulainya anda dapat mencari informasi dari berbagai website atau mengunduh ebook bahkan belajar melalui sahabat, teman atau guru anda. Dan cara yang lebih mudah adalah mencari literatur / referensi tersebut melalui mesin pencari seperti layaknya google.com. Dan bahasa bahasa awal yang sebagai dasar dan mayoritas di web development adalah :
    • HTML ( HyperText Markup Language ), disini adalah salah satu bahasa pemrograman web yang paling dasar dan setidaknya anda mampu untuk menguasai atau memahami serta mendalami dan menghapal ( walau tidak 100% ) , karena HTML ini adalah basic sebelum anda memulai mengembangkan website anda. Dan kontent yang terkirim ke pengguna internet / orang yang membuaka website tersebut adalah berupa content HTML ( text/html ) dengan struktur yang berbeda beda.
    • CSS ( Cascading Style Sheet ), sebuah bahasa pemrograman web yang berfungsi sebagai pengatur posisi, layout atau tampilan yang mebuat konten html / fungsi yang diterima oleh pengguna internet / visitor ( pengunjung ) dengan penampilan atau layout yang rapi dan sesuai dengan tampilan sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perintah css tersebut atau intinya : css adalah sebagai pengatur design layout nya seperti : background, warna font, ukuran font, jenis font, tata letak dll..
    • Scripting Language ( seperti : php , jsp, asp/aspx, python, ruby dll. ), bahasa pemrograman yang berbasis scripting dan dinamis , tidak harus semua dipelajaari juga, fokuskan mana yang ingin anda dalami. Contoh : PHP ( programming hypertext preproccessor ) , dimana php adalah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer dan digunakan oleh mayoritas programmer / web developer di dunia, dan perkembangannya begitu pesat dan banyak referensi.
    • Database, Mempelajari database programming , dimana banyak sekali tipe database untuk dijadikan sebagai media penyimpanan data untuk web yang digunakan oleh scripting language ( seperti php, asp dll. ) , beberapa contoh : SQL Server, MySQL, PostgreSQL, NoSQL, MongoDB , Oracle, SQLite dll. Mungkin untuk awal cukup mempelajari MySQL karena mayoritas website yang menggunakan PHP masih menggunakan MySQL untuk media Penyimpanan datanya.

  4. Logika , Seorang web developer dituntut untuk mempunyai logika yang selalu aktif , dan dituntut untuk cepat tanggap dalam menghadapi berbagai macam tantangan dalam membangun sebuah struktur dari web. Dan bahasa pemrograman atau dalam pengembangan website sudah dirancang khusus dengan mempermudah pemakai untuk menggunakan ketepatan logikanya.

  5. Kreatif & Inovatif , kreatif & inovatif disini bisa dijadikan sebuah acuan sebagai contoh saat anda melihat sebuah system / penasaran dengan systemasi dari sebuah website maka anda akan mencoba untuk menganalisa dan mengambil logika sistem pembentukan tersebut dengan atau seperti apa. Maka rasa penasaran anda akan terus berkembang dan berkembang.

  6. Fix Bug / Fix Error , Pelajari perbaikan atau penutupan celah atau kesalahan yang ada. Selalu cari apa kekurangan dari sistem yang anda buat sendiri atau saat mengunjungi sebuah web dan melihat sebuah error ( masalah / kesalahan ) tangkap dimanakah kemungkinan –  kemungkinan kesalahan itu berasal.Belajar untuk menyelesaikan sebuah kasus dari kesalahan dan celah yang telah ada dengan teknik anda sendiri.

  7. Ciri Khas dan Pengembangan Yang Baik ,  seorang developer mempunnyai cara tersendiri untuk mebangun / mengembangkan aplikasi atau memperbaiki kesalahannya , setiap orang akan berbeda beda dalam mengatasi setiap masalah, dan dengan itulah ciptakan sebuah keahlian atau ciri khas / Metode dari cara anda menyelesaikan sebuah proyek web anda. Dan serta selalu usahakan memberikan sebuah kesan rapi atau merapikan sebuah hasil karya atau proyek yang telah ada dengan baik dan struktur yang rapi , sehingga orang lainpun mampu melihat dengan alur yang jelas. Selalu teliti dan Uji, sebelum aplikasi di kirimkan / di publikasikan.

  8. Security, atau keamanan selalu menjadi salah satu tujuan utama dalam pengembangan sebuah aplikasi web. Anda mampu menciptaakan maka anda diharapkan mampu mencari dimana celah yang ada di aplikasi anda sendiri. Salah satunya dengan melakukan uji coba dari aplikasi anda.

  9. Pengolahan Gambar , Walau bukan tujuan utama dari seorang web developer, akan tetapi pengolahan gambar cukup membantu anda dalam menyusun sebuah aplikasi dengan struktur yang lebih rapi. Walaupun sebenarnya dalam urusan Gambar dan Design Layout merupakan urusan dari seorang Web Designer.

  10. Kenali System Management & Aplikasi Framework, semakin berkembangnya jaman semakin banyak kemudahan yang diberikan oleh developer lain di dunia publik dan web programming. Ketahui dan kenali CMS yang dipakai oleh mayoritas pengguna web di sekitar anda ( seperti WordPress, Joomla, Drupal , Wiki dll. ). Melatih dan belajar menggunakan sebuah aplikasi Framework ( seperti php frame work : code ignitor, YII , Smarty dll ) , dengan mempelajari framework tersebut maka pengetahuan akan programming anda akan semakin bertambah.

  11. Pelajari dan Kenali cara Pengoptimalan  Aplikasi, seorang web developer juga setidaknya mampu mengoptimalkan berbagai aplikasi yang ada dengan metode tersendiri. Dan pelajari pula tekhnik pengoptimalan dari aplikasi yang anda buat sendiri. Perbaiki dengan memberikan sebuah fitur dan kemudahan yang akan datang selanjutnya pada aplikasi anda.

  12. Web Server Management, Pelajari management Server Web dimana disanalah tempat nanti aplikasi anda akan diletakkan dan dijalankan. Pelajari tentang bagaimana cara penginstallan , pengoperasian dan perawatan serta kemanan. Walau mungkin hal ini adalah bukan sebuah keharusan tapi dengan mengetahui struktur dari web server maka anda akan lebih mengetahui bagaimana aplikasi website anda berjalan dan mampu lebih mengoptimalkannya.

  13. Ketahui Hosting dan Web Server Panel, Seorang web developer ataupun pengguna website memang dituntut harus mengetahui fungsi fungsi dari control panel web / webhosting control panel. Web Server Control panel / hosting sebenarnya sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna / pemilik web dalam mengelola berbagai macam fungsi dan sistem yang ada untuk domain / website yang terkait. Dan seorang Web Developer juga harus mampu berinteraksi dengan hosting control panel / web server control panel seperti contoh : cPanel , directadmin dll.

  14. Asah Kemampuan dan Eksplorasi, mengasah kemampuan dan skill ( keterampilan ) anda dalam mengembangkan sebuah aplikasi web atau mengedit dan memperbaiki sebuah website dan sesekali / sering kali bereksplorasi dengan hal hal baru dalam bidang anda yang sekarang ( web dev. )

  15. Uptodate, usahakan agar anda selalu mengikuti berita / tekhnologi yang terkait dengan bidang anda sekarang ( web Developer ) ikuti perkembangan yang ada di dunia anda sekarang. Mengetahui tentang perkembangan aplikasi yang membantu kerja anda di bidang pengembangan web ini. Dengan informasi yang up to date  / terkini maka anda tidak akan pernah tertinggal jauh di belakang. Seperti halnya permasalahan framework yang anda pakai , berita dan informasi tentang sekuritas / keamanan website dll.

  16. INDEPENDENT, usahakan menjadi seorang yang independent , independent disini bukanlah berarti anda berdiri sendiri atau tanpa membutuhkan orang lain, akan tetapi jadilah seseorang yang mandiri mampu memberikan / membangun sebuah watak atau sikap wirausaha mandiri , atau mampu membangun sebuah aplikasi buatan anda sendiri bukan hanya selalu menggunakan aplikasi framework atau aplikasi jadi dan lalu anda yang meneruskan.


Notice : 
Jangan lupa Like, Comment, Share, dan Follow Akun Kami. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment