Monday, September 23, 2019

Latihan Tugas Essay Etika Profesi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (EPTIK) Pertemuan 1

TINJAUAN UMUM ETIKA



Dalam pergaualan hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaualan hidup tingkat internasional diperlukan suatu sistem yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan lain-lain.

Maksud pedoman pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masing yang terlibat agar mereka senang, tenang, tentram, terlindungi tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin agar perbuatannya yang tengah dijalankan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi umumnya. Hal itulah yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita.

Menurut para ahli maka etika tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.

Tugas Essay

  1. Berikan 3 contoh perubahan proses bisnis/sosial akibat teknologi yang “melunturkan” nilai etika tradisional. Untuk tiap contoh, sebutkan teknologinya, model kerjanya, nilai etika tradisional yang hilang ?
    Jawaban :
    Sistem Bimbel Online
    Contoh : Ruang Guru
    Teknologi : Internet

    Model Kerja :
    Semakin berkembangnya perkembangan IT, menyusup juga ke sistem pendidikan. Dalam hal ini RuangGuru menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui sistem manajemen belajar. Selain itu, RuangGuru juga menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les private, layanan bimbingan belajar on-demand, try out ujian online dan lain-lain. RuangGuru bukan hanya hadir dalam sebuah bisnis, tetapi bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat juga membantu siswa dan orangtua.

    Etika tradisional yang hilang :
    Tidak ada pembelajaran langsung, tidak ada ruang kelas untuk pembelajaran, tidak ada jam bimbel yang terjadwal, kurangnya interaksi sosial dari guru ke siswa dan sebaliknya, kurangnya rasa kebersamaan antara sesama siswa.

    - PS (PlayStation)

    Teknologi : Televisi dan Laptop

    Model kerja :
    Ps banyak digemari oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Permainan ini memiliki banyak variasi pilihan seperti game sepak bola, balap, pertarungan, petualangan dan lain-lain. Permainan ini dapat dimainkan melalui TV dengan menyambungkan kabel dari ps ke tv dan menggunakan stik analog untuk mengarahkan permainannya, bisa juga menggunakan laptop dengan memasang aplikasi.

    Nilai etika tradisional yang hilang :
    Hilangnya permainan-permainan tradisional, berkurangnya tingkat kreativitas pada anak-anak, malas belajar, ketergantungan, lupa waktu, bolos sekolah, hilangnya sopan santun dan manjadikan permainan ini sebagai ajang untuk perjudian.

    - Media Sosial

    Teknologi : 
    Smartphone dan Internet

    Model Kerja :
    Pada model kerja masa kini, orang – orang lebih mengutamakan berkomunikasi dengan menggunakan situs media sosial seperti, facebook, instagram, twitter, Whatsapp, dan lain – lain.

    Nilai etika tradisional yang hilang :
    Dengan terbukanya internet dan berbagai kemudahan dalam mengakses segala informasi dari media sosial sering kali pengguna menyalahgunakan informasi sehingga terjadilah tersebarnya berita hoax (kebohongan) publik. Orang jadi lebih sering berada didunia maya sehingga kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Banyaknya ujaran kebencian dari sesama pengguna (netizen) untuk hal yang mereka anggap tidak sepaham. 


  2. Pelanggaran terhadap etika akan mendapatkan sanksi sosial dan sanksi hukum. Kapan pelanggaran etika memperoleh sanksi sosial dan memperoleh sanksi hukum. Berikan contoh ?
    Jawaban :

    - Sanksi Sosial adalah hukuman atau sesuatu hal yang harus diterima akibat kegiatan, aktivitas, atau ulah yang menyebabkan kerugian, kesalahan, tindakan yang tidak baik dalam bersosialisasi dalam lingkungan masyarakat kemudian bentuk sanksi tersebut biasanya adalah dijauhi orang lain, dibenci, serta dicemooh.

    - Sanksi Hukum adalah sebuah reward atau balasan dari suatu hal yang telah dilakukan dalam bentuk kegiatan, ulah atau perbuatan yang melanggar hukum dan harus diterima kemudian biasanya sanksi tersebut dapat berupa denda, kurungan atau bahkan di hukum mati.

    Bila sanksi sosial biasanya pelanggar akan langsung mendapatkan sanksi tersebut sejak informasi atau berita tersebut tersebar dan didengar oleh masyarakat. Namun untuk sanksi hukum, akan terjadi setelah sanksi sosial hal tersebut dikarenakan proses hukum yang masih harus berjalan untuk membuktikan bahwa si pelanggar benar - benar melanggar atau tidak dan jika terbukti, proses selanjutnya untuk mengetahui sanksi yang pantas untuk diberikan kepada pelanggar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya serta memberikan efek jera.

    Contoh :

    - Sanksi Hukum
    Mahasiswa yang melakukan pelanggaran hukum, baik yang berupa tindak pidana maupun penyalahgunaan obat, narkotika, dan sejenisnya, serta penggunaan minuman keras dan sejenisnya, dan telah ditetapkan bersalah secara hukum oleh pengadilan, akan dikenakan sanksi berupa skorsing sampai dengan pemutusan studi oleh Rektor sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    - Sanksi Sosial

    Mahasiswa yang melakukan pelanggaran Sosial seperti perilaku seks di luar nikah akan di sanksi berupa tindakan yaitu teguran dari pemuka sosial (Kepala Adat) hingga pengucilan dari lingkungan bermasyarakat.




13170542
13.5A.01

Notice :
Jangan lupa Like, Comment, Share, dan Follow Akun Kami.
Terima Kasih

1 comment:


  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete